PBNU HARAPKAN LIGA SANTRI NUSANTARA DIGELAR SETIAP TAHUN

Gelaran Liga Santri memang belum banyak mendapat respon dari masyarakat. Namun, liga yang yang dihelat atas inisiatif Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) itu perlahan tapi pasti akan diminati.

Pasalnya, selain untuk menjaring pesepakbola andal, Liga Santri bagian dari upaya pemerintah memasyarakat sepak bola di semua kalangan, termasuk para santri yang selama ini hanya belajar ilmu agama di pesantren-pesantren.

Sebab itu, Sekretaris Jenderal PBNU Helmy Faishal Zaini berharap, Liga Santri terus dijalankan. Bila perlu, kata mantan Menteri PDT itu, Liga Santri dijadikan even tahunan. “Saya kira Liga Santri ini sangat bagus. Kami mengusulkan agar kedepan bisa diteruskan bahkan dipermanenkan sebagai even tahunan,” tutur Helmy saat dihubungi, di Jakarta, Jumat (9/10).

“Ini harus menjadi politicalwil teman-teman di DPR bahwa harus disepakati dulu bahwa ini merupakan sebuah kegiatan kenegaraan dalam memasyrakatkan olahraga terutama sepak bola. Dan kalau emang bola ini sebagai olahraga rakyat tentunya bisa diikuti oleh semua kalangan masyarakat termasuk santri,” sambungnya.

Selain itu, Helmy meminta, para santri yang punya bakat bermain sepak bola lebih serius. Namun karena statusnya santri, kewajiban menempuh ilmu agama tetap harus jalan.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan agar para santri bisa menujukan prestasi maksimal termasuk pada sepak bola. Selain itu, santri juga harus bisa menujukan sportifitas dalam bermain,” pungkasnya.

Leave a Reply