Menpora Imam Nahrawi MoU dengan Pemerintah Serbia di Bidang Pemuda dan Olahraga

Kerjasama di bidang pemuda dan olahraga dengan berbagai negara terus di lakukan oleh Menpora Imam Nahrawi. Hari Senin (12/10), Menpora melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Menpora Republik Serbia Vanja Udovicic di Belgrade, Serbia.

Menpora Imam Nahrawi menyambut baik dengan adanya kerjasama pemerintahan Indonesia dengan Serbia di bidang olahraga. Untuk bidang pemuda isi kerjasama tersebut yakni, pertema; pertukaran pemuda, pejabat pemerintah yang berwenang atas kebijakan pemuda atau perwakilan-perwakilan organisasi pemuda. Kedua, Pertukaran informasi tentang konferensi atau seminar internasional di kedua negara. Ketiga, Mendorong partisipasi dalam kamp-kamp pemuda, kepanduan, festival pemuda, dan event-event pemuda lainnya di masing-masing negara.

Ke empat, kerjasama dalam pengembangan kewirausahan pemuda. Kelima, pertukaran pelatihan pemuda di berbagai bidang. Dan ke enam, kegiatan-kegiatan kerjasama pemuda lainnya yang disepakati oleh para pihak. “Untuk bidang pemuda kami harap banyak program yang bisa dinergikan dan ditindak lanjuti. Semoga dengan MoU ini ke depan hubungan Indonesia dan Serbia di bidang pemuda lebih maju dan berkembang lagi,” kata Menpora.

Sementara untuk bidang olahraga isi kerjasama tersebut yakni; Pertama, mendorong pertukaran dan kerjsama antar spesialis olahrag di bidang olahraga prestasi, olahraga masyrakat, olahraga untuk penyandang cacat, olahraga wanita, ilmu kedokteran olahraga dan pendidikan jasmani. Kedua, mendorong partisipasi masing-masing delegasi dalam event-event olahraga baik nasional maupun internasional.

Ketiga, menjalin hubungan dan komunikasi antar lembaga olahraga di kedua negara untuk memfasilitasi pertukaran pengalaman melalui kegiatan bersama, pertukaran bahan-bahan informasi, publikasi ilmu dan teknologi olahraga, peralatan dan industri olahraga. Ke empat, kerjasama antar lembaga olahraga di kedua negara, dan ke lima yakni memperkuat pertukaran bilateral dan kerjasama dalam memberantas doping dalam olahraga.

“Banyak yang bisa dikerjasamakan antara Indonesia dengan Serbia baik di bidang kepemudaan maupun olahraga. Di bidang olahraga, kita tahu prestasi Serbia cukup bersinar. Sementara Serbia juga bisa berlatih untuk cabang olahraga andalan Indonesia yang sudah berprestasi internasional seperti badminton dan pencak silat,” kata Menpora Imam Nahrawi.

Menpora juga mengundang Menpora Serbia yang merupakan mantan pemain terbaik dunia Polo Air itu untuk berkunjung ke Indonesia. Setelah menandatangani MoU, kedua menteri berkesempatan melihat sport ceter Serbia dan menyempatkan diri bermain tenis meja.

Leave a Reply