Asian Games 2018 Sukses, Imam Nahrawi Menpora Terbaik

Posisi Imam Nahrawi sebagai Menpora, saat ini menjadi posisi yang sangat strategis. Hal ini karena Indonesia, khususnya menpora dalam kabinet kerja 2014-2019 akan menjadi sorotan dunia international untuk menjadi motor penggerak sebagai tuan rumah Asian Games 2018 yang akan datang. Diketahui, bahwa Asian Games edisi ke-18 akan menjadi event olahraga terbesar yang pernah ada di Indonesia. Event ini akan diikuti hampir 10 ribu atlet yang akan berlaga untuk mengharumkan nama negaranya masing-masing.

Karena itu, Menpora Imam Nahrawi berpotensi untuk menjadi menteri olahraga terbaik dalam sejarah Indonesia apabila berhasil menyelesaikan tantangan yang ada dengan baik. Tantangan itu, yang pertama Indonesia harus sukses dalam bidang penyelenggaraan yang membutuhkan penyediaan infrastruktur pendukung seperti akomodasi, telekomunikasi, pusat media dan petugas keamanan yang baik. Apabila dibandingkan fasilitas yang dimiliki Indonesia saat ini untuk menjadi tuan rumah Asian Games 2018 nanti, sudah pasti satu kompleks olahraga seperti di Jakarta saja tidak akan cukup. Indonesia butuh untuk merenovasi arena olahraga yang saat ini sudah tersedia di Jakarta, Jawa Barat dan Sumatera Selatan. Tantangan yang ke dua, Indonesia harus sukses dalam bidang prestasi, karena juga dibutuhkan pembinaaan dan fasilitas yang baik bagi para olahragawan Indonesia.

Asian Games 2018 merupakan megaproyek yang akan dilaksanakan oleh Indonesia. Dana yang dibutuhkan sangat besar. Pada 8 tahun yang lalu, Qatar menyiapkan 21 (dua puluh satu) fasilitas olahraga kelas dunia di area seluas 250 hektar (2,5 kilometer persegi) yang disebut dengan Aspire Zone atau juga dikenal dengan nama Doha Sports City. Fasilitas olahraga termasuk stadion sepakbola dan atletik, kolam renang tertutup, aula gimnastik dalam ruangan, lapangan squash, bulu tangkis, tennis, dsb. Untuk membangun fasilitas tersebut Pemerintah Qatar merogoh kocek hingga $1,3 miliar atau setara Rp 15,6 triliun. Wajar bila Vietnam mundur dari calon tuan rumah Asian Games 2018 karena alasan keuangan. Memang modal yang dibutuhkan sangatlah besar.

Mengegolkan anggaran sebesar itu bukan persoalan mudah untuk saat ini. parlemen dikuasai oleh koalisi merah putih yang memposisikan diri sebagai “penyeimbang”. Kalau Menpora Imam Nahrawi dan pemerintah tidak bisa menyusun rencana kerja yang meyakinkan, sangat mungkin mereka akan sulit mendapatkan segala dukungan untuk menjadi host Asian Games.

Walaupun tantangan yang akan dihadapi akan sangat besar, perlu disadari bahwa penunjukan ini merupakan langkah awal bahwa Indonesia telah diakui sebagai tuan rumah ajang olahraga terbesar di Asia, yang berarti pengakuan bahwa kita telah diakui sebagai negara yang stabil dan secara ekonomi telah mampu sejajar dengan negara yang ekonominya telah mapan seperti Qatar, Korea Selatan dan China yang telah menjadi tuan rumah di beberapa Asian Games di abad ke-21 ini.

Penunjukan ini juga merupakan harapan besar bahwa pembangunan di Indonesia akan terpacu lebih cepat mengejar tenggat Asian Games 2018, dan harapan bahwa nantinya pertumbuhan ekonomi Indonesia juga akan semakin meningkat seiring kepercayaan dunia yang semakin meningkat. Inilah tantangan besar yang akan dihadapi, Asian Games 2018 sukses, Imam Nahrawi akan menjadi Menpora terbaik dalam sejarah Indonesia. *Misbahul Munir*

Leave a Reply