Silaturahim ke PKB, Bawaslu Diminta Jaga Independensi

Nahrawi Center – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menghendaki Badan Pengawas Pemilu bekerja secara profesional dan independen agar melahirkan pemilu yang demokratis, jujur, dan adil.

Hal tersebut diungkap Ketua LPP DPP PKB, Saefullah Maksum saat menerima kunjungan Bawaslu dengan jajaran pengurus DPP PKB, di Graha Gus Dur, Kantor DPP PKB, Jalan Raden Saleh No 9, Jakarta Pusat, Rabu (3/4/2013).
“PKB menghendaki pemilu yang lebih fair, demokratis dan meminimalisir pelanggaran politik,” ungkap Saefullah Maksum.
Dengan kewenangan Bawaslu yang sangat kuat dan berwibawa sebagaimana tertuang dalam perundangan, Saefullah berharap Bawaslu melahirkan regulasi terkait batasan dana maksimal kampanye.
“Khususnya terkait porsi beriklan, perlu adanya regulasi dan kami berharap kepada Bawaslu paing tidak ada kekuatan hukum ada batasan dana kampanye,” ungkap Saefullah.
Hal senada diungkap Sekjend DPP PKB Imam Nahrawi yang ikut hadir dalam acara tersebut. PKB menurutnya menghendaki adanya perbaikan proses Pemilu 2014 yang jauh lebih baik. “Kita punya tanggung jawab yang besar, demikian juga Bawaslu dalam melahirkan proses pemilu yang yang lebih baik, lebih demokratis,” katanya.
Sementara itu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengajak PKB sebagai salah satu peserta pemilu berperan aktif mengawal proses Pemilu 2014 guna melahirkan pemilu yang berkualitas, jujur dan adil.
“Esensi kunjungan ini antara lain adalah silaturahim sekaligus mengajak partai politik untuk mengikuti ketentuan dan peraturan yang berlaku, termasuk ikut mengawasi, mengkontrol secara bersama jalannya pemilu 2014,” ungkap Ketua Bawaslu Muhammad.
Partai Politik, menurutnya, adalah lokomotif utama terciptanya pemilu yang demokratis. Atas dasar itulah, Bawaslu menempatkan partai politik sebagai mitra kerja terciptanya pemilu yang demokratis.
“Paradigma Bawaslu hari ini adalah melihat peserta pemilu sebagai mitra, lokomotif utama dalam menciptakan pemilu yang demokratis dan berkualitas. Kami tidak ingin memandang entitas partai itu diluar dari tujuan utama menciptakan proses pemilu yang adil,” katanya.
Dirinya pun meyakinkan Bawaslu akan bersikap netral dan independen guna mengawal pemilu yang memiliki integritas. “Independensi adalah harga mati bagi Bawaslu, kalau ada anggapan kami tidak netral itu tidak benar, kami berani garansi, ” tegas Muhammad.
Sementara itu, terkait materi iklan kampanye, anggota Bawaslu Nasrullah menyatakan, pihaknya akan menfasilitasi iklan secara bersama, di mana seluruh ketua umum partai akan menyampaikan visi dan misi kebangsaan. “Kita akan desain secara bersama, itu merupakan wujud publikasi Bawaslu dalam menjaga kondusifitas,” ungkap Nasrullah.
Dalam acara silaturahim ini, Muhammad selaku ketua Bawaslu di dampingi para anggotanya, di antaranya, Nasrullah, Endang Widyaningtyas, Daniel Zuhron, Nelson Simanjuntak.
Sementara itu, DPP PKB diwakili Sekjend DPP PKB Imam Nahrawi, Ketua LPP DPP PKB Saefullah Maksum, Wakil Bendahara Umum Bambang Susanto, Erni Sugiyanti, Siti Mukaromah, Wasekjen Luluk Nur Hamidah, Wasekjen Daniel Djohan, M Hasanudin dan Ketua Lakumham, Anwar Rahman.

Leave a Reply